Arti Masyallah

Ungkapan Masya Allah: Tulisan Arab Latin Dan Artinya, Mengagungkan  Kebesaran Allah Awt

Dalam kehidupan sehari-hari kerap kali seorang muslim mengucapkan Masyaallah. Masya Allah merupakan ungkapan dalam Bahasa arab yang ditunjukan kepada Allah SWT karena kagum melihat sesuatu yang sangat menakjubkan.

Tapi nyatanya banyak seorang muslim yang salah menempatkan ungkapan masyaallah. Berikut dibawah ini penjelasan tentang masyallah, dan cara menempatkan masya allah dengan benar.

Silahkan disimak dengan baik!

Masya Allah merupakan frasa yang dipakai seseorang dalam Bahasa arab untuk menunjukan kekaguman terhadap sebuah kejadian. Ungkapan ini digunakan sebagai ekspresi penghargaan dan dalam waktu yang sama sebagai pengingat segala hal yang terjadi di muka bumi ini adalah kehendak Allah SWT.

Arti Masyaallah sendiri adalah Allah SWT telah berkehendak akan semua tersebut. Dengan ungkapan masya allah ini maka seorang muslim sudah menekankan bahwa semua yang terjadi sudah diatur oleh Allah SWT dengan sedemikian rupa dan seimbang, sehingga ketika seorang muslim menjalankan sebuah proses maka akan segera mendapatkan hasilnya.

Sederhana Masyaallah digunakan untuk ungkapan kegembiraan seorang muslim yang dibarengi dengan doa karena telah melalui segala proses yang benar sesuai dengan aturan Allah SWT.

  • Waktu yang Tepat Mengucapkan Masyaallah

Setelah kamu mengetahui tentang arti Masyaallah. Kamu juga perlu mengetahui kapan waktu yang tepat mengucapkan ungkapan ini.

Sederhananya masya allah diucapkan ketika melihat sesuatu yang menakjubkan dan sangat indah. Hal ini sesuai dengan keterangan surat Al-Kahfi ayat 39, yang artinya.

“Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu, ‘Masyaallah, laa quwwata illaa billaah’ (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan.” (Q.S Al-Kahfi ayat 39)

Masyaallah digunakan sebagai bentuk pujian kepada Allah SWT sebab kamu telah melihat hal indah yang ada disekitar kamu. Secara bersamaan masyaallah digunakan untuk kami berdoa agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT yang menjadi tanda bahwa kamu sangat bersyukur.

Kesimpulan masyaallah digunakan ketika kamu melihat kuasa Allah SWT yang sangat menakjubkan. Penggunaan masya allah sering kali terbalik dengan ungkapan subhanallah.

Padahal ungkapan Subhanallah digunakan ketika melihat sesuatu yang buruk. Subhanallah sendiri artinya Maha Suci Allah.

Arti Masya Allah dan Tabarakallah sedikit mirip dan penggunaannya pun hampir sama. Tabrakkalah artinya Semoha Allah Memberkahi kamu yang sama diungkapkan ketika melihat sesuatu yang baik.

  • Perbedaan Masya Allah dan Tabarakallah

Meskipun masya allah dan tabarakallah memiliki kesamaan arti dan penggunaan. Tapi sebenarnya kedua ungkapan tersebut memiliki perbedaan sedikit.

Keduanya digunakan ketika melihat sesuatu yang baik. Masyalaah digunakan keitka seroang muslim melihat hal yang sangat indah atas kuasa Allah SWT dan merasa sangat kagum akan kuasa Allah SWT tersebut.

Sementera Tabrakallah diucapkan ketika seorang muslim mendapatkan rezeki yang berlimpah, dan berkah yang banyak dari Allah SWT.

Kedua ungkapan ini sering kali disandingkan karena kedua kalimat ini saling melengkapi. Seorang muslim sering kali mengucapkan masyallahtabarakallah sebagai ungkapan kekaguaman atas kuasa Allah SWT.

Mengucapkan MasyaallahTabrakallah memiliki manfaat yang sangat baik untuk seorang muslim, baik untuk masa depannya ataupun saat itu juga. Seorang muslim yang mengucapkan masyaallah tabrakalah akan terhindar dari sifat-sifat tercela seperti iri, sombong, dengki, dan sifat sakit hati lainnya.

Sebab dengan mengucapkan masya allah tabarakallah seorang muslim langsung mengingat bahwa segala hal yang terjadi di dunia ini semua sudah diatur oleh Allah SWT, dan tidak ada yang bisa dikamu lagi selain Allah SWT.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *